Mengenal Batik Printing

Sahabat, kalian sudah tahu mengenai batik printing ? atau kalian hanya menganggap jika batik hanya diproduksi melalui cara dicap dan ditulis saja ? 

Batik printing merupakan batik yang dalam proses pembuatannya itu melalui cara dicetak dengan menggunakan mesin modern dan manual. Batik printing juga bisa disebut dengan batik cetak karena melalui proses pembuatannya itu dengan tangan serta teknologi mesin. 

Untuk tahap proses cetak batik di kain tentu melalui proses pembuatan pola terlebih dahulu sesuai dengan pesanan. Jadi motif ataupun pola yang akan di cetak di kain seperti halnya alat-alat untuk menyablon kaos secara manual. 

Kemudian alat mesin cetak direkatkan atau ditempelkan pada permukaan lain katun atau mori serta selanjutnya dilakukan pewarnaan yang sudah disesuaikan dengan motif yang ada.

Sahabat tapi kalian harus tahu juga jika proses pembatikan dengan cara printing ini tidak sama dengan proses pembatikan manual atau batik tulis yang diakumulasikan membutuhkan waktu yang lama. 

Batik printing tentunya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, karena sudah didukung dengan bantuan teknologi mesin yang super cepat dalam pengerjaannya. Bisa jadi hanya membutuhkan waktu dengan hitungan menit saja. 

Pemberian motif batik pada kain polos hanya pada satu sisi kain saja yaitu di bagian luarnya. Sedangkan untuk bagian kain dalamnya akan dibiarkan putih tanpa dilakukan pencetakan dengan motif yang sama.

Batik printing mayoritas digunakan untuk pembuatan kemeja pria dan wanita atau untuk seragam. Karena dalam prosesnya lebih cepat daripada batik tulis dan cap, maka inilah yang direkomendasikan banyak orang ketika ingin membuat seragam batik. 

Selain itu alasan lain kenapa batik printing disukai atau direkomendasikan untuk pembuatan seragam dengan jumlah yang cukup banyak, karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis batik yang lain. 

Untuk kalian yang ingin membuat batik printing, misalnya untuk seragam keluarga, pekerjaan, ataupun seragam komunitas bisa melalui menggunakan jasa bikin seragam batik dari Batik Prabuseno, selain menyediakan batik printing, di batik Prabuseno juga tersedia macam – macam jenis kain batik dan busana batik yang sudah jadi. Sepert jenis batik tulis dan batik cap dengan berbagai model dan kualitas kain yang premium.

Meskipun beberapa orang dalam komunitas batik menolak adanya batik printing dalam kategori sebagai bagian dari batik tradisional karena proses pembuatan batik printing tidak menggunakan malam ataupun lilin batik layaknya sebagai batik tulis. 

Mereka yang yang menolak bati printik lebih menekankan jika batik printing disebut sebagai batik sablon meskipun motif yang digunakan menggunakan motif batik tradisional pada umumnya.

Itulah sedikit pemahaman mengenai batik printing, semoga menjadi pemahaman lebih mendalam dan menjadi tambahan wawasan. Terus warisi kebudayaan Indonesia dengan mengapresiasinya dan memakainya.