Begini Cara Merawat Sepatu AFO Agar Tetap Awet

AFO  atau Ankle Foot Orthosis adalah sebuah alat bantu yang berbentuk sepatu. Biasanya sepatu dikenal dengan sebutan sepatu AFO. Sepatu AFO ini diperuntukan kepada seseorang yang memiliki gangguan pada sendi ankle.

Fungsi dari sepatu AFO sendiri seperti memberikan support dan mempertahankan posisi kaki sebagaimana anatomi normal dari manusia. Untuk memastikan posisi kaki sesuai dengan bentuk normal biasanya akan disesuaikan sesuai kebutuhan dan masalah calon pengguna.

Sepatu AFO sebagai sepatu khusus pastinya akan memerlukan teknik perawatan tersendiri. Berikut ini cara merawat sepatu AFO yang benar agar tetap awet:

Apa itu Sepatu AFO?

AFO (Ankle Foot Orthosis) adalah sebutan yang diberikan masyarakat terhadap alat bantu AFO. Alat ini sendiri bentuknya menyerupai sepatu. Maka sangat tepat saat penyematan pada alat bantu AFO lebih dikenal dengan sepatu AFO.

Sepatu AFO sendiri biasanya digunakan kepada seseorang baik anak-anak atau orang dewasa yang sedang mengalami permasalahan pada pergelangan kakinya. Permasalahan ini membuat seseorang tidak mampu untuk berdiri maupun berjalan secara normal.

Seseorang yang terganggu pada bagian sendi pergelangan kaki/ankle akan merasakan kesulitan untuk melakukan mobilitas secara normal. Untuk membantu permasalahan tersebut penggunaan sepatu AFO adalah salah satu cara yang dilakukan dengan tujuan mempermudahkan dalam mobilitas. 

Fungsi Sepatu AFO 

Sepatu AFO mempunyai beberapa fungsi yang akan dirasakan oleh penggunanya. Berikut ini fungsi dari sepatu AFO:

  1. Mencegah kondisi kaki yang lemah menjadi lebih parah
  2. Memperbaiki posisi telapak kaki 
  3. Memperkokoh kekuatan bagian kaki 
  4. Mengembalikan posisi ankle seperti normal
  5. Alat bantu latihan jalan

Beberapa point-point diatas adalah sebagian kecil fungsi-fungsi dari sepatu AFO. Untuk memastikan fungsi berjalan secara maksimal baiknya bentuk dari alat bantu AFO disesuaikan dengan kondisi kaki. Jangan sampai sepatu AFO justru membuat kaki penggunanya menjadi lebih terganggu. 

Cara Merawat Sepatu AFO

Pada dasarnya sepatu AFO seperti alat bantu biasanya yang akan memerlukan perawatan khusus. Beberapa perawatan akan membuat waktu penggunaan dari alat bantu yang satu ini akan lebih lama. Namun sebenarnya masih ada hal lain saat perawatan dilakukan secara benar dan konsisten.

Berikut ini 6 cara merawat sepatu AFO yang bisa menjadi salah satu panduan perawatan yang benar:

  1. Melakukan pembersihan pada semua bagian secara teratur 
  2. Menyemprotkan alkohol pada beberapa bagian berbahan plastik 
  3. Membersihkan bagian dalam sepatu AFO dengan menggunakan handuk
  4. Tidak diperbolehkan untuk merendam sepatu AFO dalam air 
  5. Tidak diletakkan sepatu AFO pada tempat yang berair maupun kotor
  6. Setiap hari mencuci kaos  kaki dengan air bersih 

Perawatan pada sepatu AFO harus dilakukan secara konsisten agar semua bagian tahan lama. Walaupun penggunaan yang intent akan mempengaruhi kondisi dari sepatu AFO secara perlahan-lahan. Akan tetapi dengan perawatan kondisi dari AFO akan lebih lama daripada tidak dirawat sama sekali.

Usahakan ketika merasa bagian dari sepatu AFO sudah tidak layak baiknya segera diganti menjadi baru, terutama bagian straps. Bagi Anda yang ingin mempunyai tempat pembuatan dan perawatan sepatu AFO bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh  salah satu Jasa Pembuatan Kaki Palsu di Indonesia yaitu Prostetika.com.

Prostetika menawarkan beberapa keuntungan yang mernarik seperti, efisiensi waktu dan energi, produk berkualitas, tenaga profesional, dan harga terjangkau.