Fungsi dan Kelebihan SSD

Apakah komputer lemot atau kurang responsif? Coba perhatikan media penyimpan yang Anda gunakan, jika Anda masih menggunakan Hardisk sebagai drive untuk menjalankan sistem operasi windows Anda tentu SSD bisa menjadi salah satu hal yang dapat mempercepat kinerja komputer And.

Kali ini kami ingin mengulas secara lengkap fungsi dari SSD untuk perangkat komputer atau laptop yang Anda gunakan.

Apa Fungsi SSD?

Pada dasarnya, SSD ini berfungsi sebagai media untuk menyimpan berbagai data . Dengan SSD Anda dapat menyimpan data seperti audio, video, dokumen dan file lainnya. Lebih dari itu SSD dapat Anda gunakan untuk menjalankan sistem operasi seperti windows 7, 8 dan 10.

Fungsi SSD memang bisa dikatakan sama dengan hardisk, namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki SSD dibandingkan dengan hardisk diantaranya adalah kecepatan untuk membaca dan menulis data, ukuran yang lebih kecil dan ramping dan teknologi yang digunakan pada SSD lebih terbaru.

Pada dunia hosting SSD digunakan sebagai tempat menyimpan data website. Kenapa harus SSD? tentu karena kecepatan akses yang dimiliki SSD jauh lebih baik dibandingkan hardisk sehingga website akan lebih ringan ketika diakses.

Ada banyak varian kapasitas SSD yang beredar di pasaran Anda bisa membeli sesuai kebutuhan Anda. Namun Perlu diingat bahwa harga SSD mayoritas lebih mahal dibandingkan hardisk.

Fungsi SSD Pada Laptop

Zaman sekarang rata-rata laptop keluaran terbaru sudah menggunakan SSD sebagai media penyimpanan dan sebagai drive untuk menjalankan sistem operasi. Berikut ini beberapa fungsi SSD pada laptop / komputer.

1.     Sebagai Media Penyimpanan Data

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Pedia.ID, SSD merupakan hardware yang digunakan untuk menyimpan segala data yang terdapat pada komputer atau laptop Anda.

2.     Mempercepat Kinerja Laptop

Jika laptop Anda terasa lemot atau tidak responsif salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah melakukan upgrade pada sisi hardware. Nah, melakukan upgrade dari harddisk ke SSD merupakan bagian penting yang bisa Anda upgrade untuk mendapatkan peningkatan performa yang lumayan signifikan. 

Anda dapat mengganti drive sister (Drive C) dengan SSD, Anda bisa menginstall windows 10 pada SSD kemudian lakukan aktivasi windows 10 Anda. Anda akan mendapatkan peningkatan kecepatan pada WIndows 10 Anda mulai dari saat booting hingga saat copy-paste file. 

3.     Sebagai media penyimpanan eksternal

Selama ini yang sering digunakan sebagai media penyimpanan eksternal adalah hardisk namun seiring perkembangan teknologi, SSD sangat bisa digunakan sebagai penyimpanan eksternal yang sangat mumpuni.

Dengan menjadikan SSD sebagai media penyimpanan eksternal maka aktivitas copy-paste file akan sangat cepat dibandingkan dengan menggunakan hardisk. Pasalnya SSD memang memiliki kecepatan dalam mengakses file berkali lipat dibanding hardisk.

Keunggulan Web Hosting SSD

Tidak hanya digunakan sebagai media penyimpanan pada komputer atau laptop saja, SSD juga digunakan pada jasa web hosting. Mungkin Anda pernah menemukan website yang sangat lambat ketika diakses, bisa jadi salah satu penyebabnya web hostingnya belum memakai SSD.

Berikut ini adalah keunggulan web hosting yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya.

1.     Proses pengolahan data yang lebih cepat

Ketika sebuah website diakses oleh user maka secara teori server dari website akan mengirimkan data yang diperlukan user melalui internet. Nah, jika pengolah data di server lambat maka diperlukan lebih banyak waktu untuk user mendapatkan data. Disini peranan SSD sangat dibutuhkan karena memiliki kecepatan pengolahan data yang lebih baik dibandingkan hardisk. Tak heran jika sekarang ini mayoritas penyedia jasa layanan hosting telah menggunakan SSD.

2.     Daya tahan yang lebih tangguh

Kelebihan SSD selanjutnya ada pada durabilitas yang tidak diragukan lagi. Berbeda dengan hardisk yang cara kerjanya menggunakan disk atau piringan yang berputar di dalamnya, SSD menggunakan chip seperti pada RAM yang akan lebih tahan dari goncangan. Selain itu SSD tidak menghasilkan panas berlebih saat digunakan untuk aktivitas berat sekalipun.

Kelebihan selanjutnya adalah pada konsumsi daya yang bisa dibilang sangat irit dibandingkan hardisk. Untuk menjalankan SSD tidak perlu menggunakan daya yang tinggi, hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi penyedia jasa hosting sehingga dapat menghemat biaya operasional.

Demikian beberapa manfaat SSD yang dapat kami ulas, jika ada pertanyaan, Anda bisa bis beritahu kami di kolom komentar dibawah.