Cara Memandikan Kucing Persia

Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang berbulu lebat dan halus. Sehingga memandikan kucing persia menjadi hal yang mutlak agar bulu kucing terjaga dengan baik dan terhindar dari bakteri. Kenapa merawat kucing persia berbeda dengan kucing kampung biasa. Bahkan cara memandikan kucing persia juga harus hati- hati agar bulunya tidak mengalami kerontokan.

Setelah kucin persia dimandikan, maka jangan lupa untuk selalu menyisirnya secara pelan agar bulu kucing tidak kusut. Dengan melakukan perawatan yang baik, maka kucing persia akan tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada beberapa tips memandikan kucing persia seperti Himalaya, flatnose, medium dan peaknose.

Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

Sebelum Anda memandikan hewan peliharaan seperti kucing persia, maka Anda harus menyiapkan alat- alatnya terlebih dahulu, anatara lain:

1. Ember yang berisi air hangat.

2. Sisir yang digunakan untuk menyisir rambut kucing setelah dimandikan.

3. Shampo kucing (dilarang menggunakan shampoo yang dipakai manusia).

4. Bedak khusus untuk kucing.

5. Handuk lembut dan handuk kasar.

6. Blower (untuk meneringkan rambut kucing persia, sebaiknya menggunakan blower dibanding hair dryer).

7. baby oil.

8. Cottonbuds ( digunakan untuk membersihkan telinga kucing dan bagian- bagian lipatan tubuh kucing).

9. Kanebo (kanebo digunakan sebagai alat alternative jika tidak ada handuk).

Langkah- langkah yang benar memandikan kucing persia

1. Kondisi kucing persia harus sehat saat akan dimandikan.

Cara pertama saat ingin memandikan kucing persia, harus dipastikan bahwa kucing dalam keadaan tidak sakit. Jangan sampai kucing sedang sakit atau setelah disuntik vaksin, sebaiknya tunggu setelah 7 hari setelah di suntik vaksin baru dimandikan.

2. Mandikan Kucing Persia pada Waktu yang Tepat.

Memandikan kucing persia tidak boleh sembarangan, Anda harus memperhatikan waktu yang sesuai jangan terlalu pagi ketika udara masih dingin dan juga jangan terlalu sore. Cara memandikan kucing yang tepat sekitar jam 09.00- 15.00 sebab suhu pada waktu tersebut sangat stabil. Memandikan kucing juga tidak boleh terlalu sering, minimal 2 minggu sekali kecuali dalam keadaan terpaksa jika kucing terkena kotoran.

  • Proses Memandikan Kucing persia

Apabila langkah- langkah diatas sudah dilakukan, maka langkah berikutnya yaitu:

1. Siapkan ember yang sudah di isi dengan air hangat, kemudian basahi rambut kucing dan hindari terkena mata dan telinga.

2. Setelah dibasahi teteskan shampoo kucing kea rah tubuhnya kemudian pijat tubuh kucing secara perlahan.

3. Kemudian bilas dengan air bersih supaya shampoo dan kotorannya hilang.

4. Setelah itu, Keringkan kucing kucing menggunakan handuk lembut yang sudah disiapkan sambil dipijat secara perlahan dan gunakan blower agar bulu kucing cepat kering.

5. Membersihkan bagian telinga, kuku dan bagian- bagian lipatan yang sempit menggunakan baby oil dan cuttonbuds. erakhir taburkan bedak khusus kucing yang berfungsi untuk membasmi parasit yang tersembunyi pada tubuh kucing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *