Cara Membuat Teks Eksplanasi: Lengkap

Membuat Teks Eksplanasi – Siapa diantara kamu yang belum pernah mendengar teks eksplanasi? Tentunya jenis teks yang satu ini kenapa hanya diketahui dan juga merupakan jenis teks yang tidak asing lagi bagi para pelajar.

Meskipun begitu, masih ada saja yang mengetahui teks eksplanasi yang baik dan benar sesuai dengan urutan sesuai dengan standar struktur pembuatan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang cara teks eksplanasi yang baik dan benar. Jadi apa saja tahapan-tahapan teks eksplanasi, ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian Teks Eksplanasi

Bahwa di jelaskan menurut pintarnesia.com mengatakan Pengertian dari teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks berisikan menjelaskan mengenai suatu kejadian dengan landasan sebab dan akibat.

Berbagai peristiwa yang terjadi dapat mencakup peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial dan budaya beserta peristiwa lainnya. Selain didasari dengan adanya landasan sebab dan akibat di dalam peristiwa tersebut, teks eksplanasi juga menceritakan tentang keadaan yang sesungguhnya atau sesuai dengan apa yang ada.

Sehingga berdasarkan dari pengertian teks eksplanasi di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan utama yang dimiliki oleh teks eksplanasi untuk menjelaskan atau memberikan gambaran mengenai suatu proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi di sekitar kita. Di mana fenomena tersebut sesuai dengan realita atau kenyataan Jadi sebenarnya.

 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik teks eksplanasi untuk membedakan jenis teks eksplanasi dengan jenis teks yang lainnya seperti dibawah ini:

  1. Teks eksplanasi haruslah membuat kejadian atau peristiwa yang sesuai dengan fakta atau sesuai realita.
    Cerita yang disampaikan harus bersifat logis dan teoritis.
  2. Penjelasan yang disampaikan di dalam teks eksplanasi harus bersifat objektif dan didukung dengan menggunakan teori yang relevan.
  3. Struktur dari teks eksplanasi diantaranya adalah pernyataan umum, hubungan sebab akibat dan interpretasi.
  4. Faktual tersebut harus memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan misalnya seperti sains.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Sebuah teks eksplanasi harus disusun dengan menggunakan urutan atau struktur yang akan memudahkan kita untuk lebih memahami isi yang ada pada teks tersebut. Adapun struktur teks eksplanasi diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Pernyataan Umum

Struktur atau urutan yang pertama dalam pembuatan teks eksplanasi adalah pernyataan umum. Pada bagian ini teks eksplanasi menjelaskan mengenai gambaran umum tentang latar belakang dan juga topik yang menjadi pembicaraan dalam isi teks yang dapat berupa definisi, klasifikasi, sejarah dan juga adal usul.

 

2. Urutan Sebab Akibat

Tahapan kedua dalam proses pembuatan teks eksplanasi adalah urutan sebab akibat. Pada bagian ini dijelaskan tentang proses berlangsungnya atau suatu peristiwa dengan urutan yang sesuai sebenarnya.

 

3. Interpretasi

Pada bagian ini suatu teks eksplanasi berisikan mengenai penafsiran dari si penulis tentang topik dengan menggunakan perspektif yang lebih luas dan menyeluruh serta menjelaskan langkah orientasi peristiwa yang menyertainya.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Penjelasan suatu teks eksplanasi haruslah memiliki sifat yang mudah dimengerti, sehingga harus disertai dengan menggunakan bahasa yang baku dan bersifat universal. Di bawah ini merupakan bentuk kaidah kebahasaan teks eksplanasi:

  1. Menggunakan kata kerja aktif pada bagian penjelas.
  2. Teks eksplanasi menggunakan konjungsi untuk menjelaskan hubungan sebab akibat dan kronologi.
  3. Cara menggunakan keterangan waktu untuk menjelaskan terjadinya suatu fenomena.
  4. Menggunakan kata ganti benda.
  5. Gunakan istilah ilmiah untuk memperjelas definisi atau kronologi kejadian.
  6. Umumnya lebih banyak menggunakan verba material dan verba relasional.
    Penggunaan kalimat pasif.

 

Cara Membuat Teks Eksplanasi

Agar bisa menghasilkan suatu teks eksplanasi yang baik, maka kita harus menggunakan pola pengembangan yang sesuai dengan urutan seperti di bawah ini:

  • Menentukan topik pembahasan yang menarik.
  • Membuat referensi sebagai bahan isi dari teks eksplanasi.
  • Membuat kerangka atau susunan peristiwa yang sesuai dengan topik pembahasan.
  • Susunlah kerangka berdasarkan dari referensi yang telah dibuat.
  • Pengembangan teks dari kerangka teks eksplanasi.

 

Itu pembahasan tentang cara membuat dan contoh teks eksplanasi yang sesuai dengan urutan atau struktur yang baik dan benar. Skor penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat, mohon dimaklumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *