Perbedaan Harddisk dengan SSD

Di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat, banyak pabrikan elektronik dunia yang menghadirkan berbagai macam inovasi untuk membantu mengakomodir kebutuhan para pengguna. Salah satu inovasi teknologi yang terus dikembangkan hingga saat ini adalah media penyimpanan komputer berbasis Solid State Drive atau yang dikenal dengan SSD.

Hadirnya SSD ini nampaknya masih sedikit asing bagi orang awam. Yang mana, mayoritas masyarakat saat ini masih menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan dalam sistem komputer mereka. Akan tetapi, hadirnya SSD pun pada akhirnya menimbulkan pertanyaan apa perbedaa harddisk dengan SSD. Untuk menjawabnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Apa yang Dimaksud dengan SSD

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan dari kedua media penyimpanan tersebut, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa itu SSD. Solid State Drive atau SSD adalah sebuah media penyimpanan yang berbasis sirkuit dan tersusun dari beberapa chip memori yang saling terintegrasi tanpa menggunakan piringan cakram.

Apabila dibandingkan dengan perangkat keras seperti harddisk, sebenarnya SSD ini hampir sama. Namun, yang membedakannya ialah arsitektur yang dimiliki oleh SSD sendiri lebih handal sehingga tahan goncangan jika dibawa bepergian.

Perbedaan Harddisk dengan SSD

Meski SSD terlihat lebih baik dari harddisk, namun kedua media penyimpanan tersebut juga memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak perbedaan harddisk dengan SSD berikut ini.

Efek yang Ditimbulkan

Ternyata, penerapan teknologi otomatis yang diberikan memberikan efek eksternal berbeda antara SSD dengan harddisk. Bagi para pengguna perangkat komputer atau laptop yang menggunakan harddisk tentu sudah tidak asing dengan suara berisik yang ditimbulkan oleh komponen mekanik.

Hal tersebut berbeda jika Anda menggunakan SSD. Dimana, perangkat yang menggunakan media penyimpanan ini akan menimbulkan suara yang jauh lebih pelan serta perangkat tidak akan cepat panas karena tidak adanya komponen yang bergerak.

Harga Harddisk dan SSD

Berikutnya perbedaan harga yang dimiliki oleh kedua komponen tersebut. Karena masih merupakan teknologi terbaru, harga SSD di pasaran jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harddisk. Bahkan, harga SSD yang memiliki kapasitas 250GB setara dengan harddisk dengan kapasitas 1TB.

Perbedaan dari Segi Fragmentasi

Fragmentasi sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut ruang kosong dalam sebuah media penyimpan yang timbul karena adanya perubahan atau penghapusan data. Awalnya, proses pengisian file di harddisk akan tersusun dengan rapi dan berurutan secara otomatis.

Namun, jika ada perubahan maka susunan file tersebut lambat laun juga akan berubah. Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan SSD sebagai media penyimpanan.

Komponen Harddisk dan SSD

Perbedaan harddisk dengan SSD selanjutnya ialah komponen yang ada di dalam kedua media penyimpanan tersebut. Harddisk terdiri atas motor penggerak dan piringan cakram yang akan bergerak jika digunakan. Sementara itu, SSD terdiri atas Integrated Circuit (IC), Micro Chip dan beberapa komponen elektronik seperti kapasitor.

Ukuran dan Bentuknya

Untuk ukuran dan bentuknya, harddisk memiliki bentuk yang lebih besar jika dibandingkan dengan SSD. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki penyimpanan ringkas dan berforma tinggi, maka SSD pilihannya.

Kecepatan Baca dan Tulis Data

Dalam perbedaan baca dan tulis data, rupanya SSD masih unggul jika dibandingkan dengan harddisk. Tentu saja, faktor kecepatan yang dimiliki oleh kedua media penyimpanan tersebut menjadi hal yang paling krusial bagi para pengguna. Sebagaimana dibahas di mods.teknohive.com,  dengan menggunakan SSD pada sistem komputer Anda akan sangat berpengaruh pada saat booting, multi tasking dan buka tutup Aplikasi.

Cara Kerja

Perbedaan harddisk dengan SSD yang terakhir ialah cara kerjanya. Cara kerja dari harddisk mirip seperti FloppyDisk (disket). Sementara itu, SSD lebih mirip seperti proses transfer data yang ada pada USB Flashdisk, RAM atau microSD.

Demikian perbedaan yang dimiliki oleh harddisk dan juga SSD. Jika dilihat kembali, SSD memang lebih unggul jika dibandingkan dengan perangkat keras harddisk. Hal ini karena SSD sendiri merupakan salah satu teknologi terbaru saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *