Tips Puasa Ramadhan Satu Bulan Penuh

Apakah Anda masih susah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan satu bulan?

Bagi sebagian orang mungkin ibadah puasa adalah ibadah yang sulit. Hal ini dikarenakan ibadah puasa adalah ibadah yang mengharuskan untuk menahan segala hawa nafsu, termasuk makan dan minum mulai matahari terbit sampai terbenam.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda dapat mengerjakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

Tips Agar Dapat Mengerjakan Puasa Ramadhan Satu Bulan

Mungkin untuk perempuan bisa saja tidak dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Alasannya karena perempuan setiap bulan akan mengalami haid, saat haid perempuan tidak dibolehkan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tetapi mereka harus menggantinya di luar bulan Ramadhan.

Nah, Untuk Anda yang laki-laki bisa saja menerapkan tips berikut ini agar dapat melaksanakan puasa di bulan Ramadhan satu bulan penuh.

1. Niat

Pertama-tama Anda harus memiliki niat yang kuat agar sanggup melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Dengan memiliki niat tersebut Anda akan memiliki kekuatan untuk tidak mengingkari niat baik ini.

Anda juga perlu selalu berdoa kepada Allah SWT agar niat baik Anda untuk berpuasa tidak mudah goyah. Serta berdoa juga kepada Allah SWT agar Anda dapat menahan segala hawa nafsu yang dapat membatalkan ibadah puasa Anda.

2. Istirahat yang Cukup

Saat puasa mungkin saja tenaga Anda akan berkurang dengan cepat, hal ini karena Anda hanya memperoleh asupan makanan ketika berbuka dan sahur saja. untuk itu Anda perlu membatasi segala aktivitas Anda, agar tidak mudah kelelahan. Salah satunya Anda perlu istirahat yang cukup saat puasa.

Caranya bisa dengan mengurangi jam kerja Anda. Misal Anda dalam sehari bekerja selama 8 jam, maka saat puasa ada baiknya Anda mengurangi jam kerja Anda tersebut. Anda bisa saja mengatur jam kerja menjadi 6 jam sehari. Jangan sampai saat puasa Anda merasa sangat kelelahan karena bisa saja berakibat Anda tidak kuat menjalani ibadah puasa.

3. Perhatikan Pola Makan

Meski menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Anda masih perlu untuk selalu menjaga pola makan Anda. Makan lah secukupnya saja saat berbuka puasa, jangan lapar mata dan ingin memakan segala hidangan yang ada di depan mata. Rasa kenyang yang berlebihan bisa mengganggu aktivitas lainnya.

Pola makan yang benar jelas akan membuat tubuh Anda sehat. Jika tubuh Anda sehat, Anda pun dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Agar saat berbuka puasa Anda merasakan berkah dari puasa, ada baiknya Anda membaca doa buka puasa.

4. Jaga Asupan Cairan Tubuh

Salah satu hal yang cukup mengganggu saat puasa adalah rasa haus yang luar biasa. Nah, ada baiknya Anda menjaga asupan cairan tubuh Anda. caranya mudah sekali, yaitu Anda cukup minum dua gelas air putih saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas saat malam hari.

Dengan menjaga asupan cairan tubuh, maka Anda tidak akan mudah merasa kehausan ketika siang hari saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Selain itu air putih juga dapat mempermudah proses pencernaan makanan.

Dengan begini jelas Anda akan selalu sehat saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ibadah puasa pun akan lebih tenang dan penuh dengan kenyamanan.

5. Selalu Makan Sahur

Ada beberapa orang yang tidak makan sahur saat puasa, sahur memang bukan hal yang wajib ya, tapi memang ada baiknya Anda tetap makan sahur ketika hendak berpuasa. Dengan sahur Anda akan mendapatkan energi untuk menjalankan segala aktivitas sehari-hari.

Karena sahur adalah salah satu rukun puasa yang sangat dianjurkan. Karena dengan sahur Anda akan mendapatkan asupan makanan untuk puasa esok hari. Begitu juga ketika Anda akan sahur, senantiasa bacalah doa sahur agar sahur Anda mendapatkan berkah.

Jika Anda tidak sahur pasti Anda akan mudah merasa lapar dan lemas ketika melakukan kegiatan saat puasa. Hal ini akan menghambat segala aktivitas Anda, atau bahkan Anda bisa saja tidak kuat puasa. Akhirnya Anda harus membatalkan puasa Anda. selalu usahakan untuk makan sahur ketika hendak puasa.

Baca juga : Surat Pendek di Al-Quran yang Dihafal

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani saat puasa Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *