Surat Pendek di Al-Quran yang Wajib Dihafalkan

Al-Quran adalah salah satu kitab suci yang ada di dunia yang wajib kita Imani. Terutama bagi kita sebagai umat islam. Tidak hanya wajib diimani saja, sebagai umat islam kita juga wajib tahu baca Al-Quran dengan lancar .

Selain itu juga harus mengetahui seperti apa arti, isi dan kandungan yang ada di dalam kitab suci Al-Quran sebagai umat islam.

Ada banyak surat yang ada di dalam kitab suci Al-Quran ada surat dengan ayat yang panjang dan ada juga surat Al-Quran yang memiliki ayat-ayat yang pendek dan biasa disebut dengan surat pendek dalam Al-Quran.

Nah, surat pendek yang ada di dalam kitab suci Al-Quran sangat mudah dihafal. Oleh karena itu, menurut saya sebagai umat islam seharusnya kita bisa menghafal beberapa surat pendek yang ada di dalam kitab suci Al-Quran.

Selain baik dijadikan amalan, surat pendek di dalam Al-Quran juga seringkali harus dibacakan saat kita melaksanan Sholat 5 waktu.

5 Surat Pendek Wajib Dihafalkan Umat Islam

Nah, berikut ini akan kami jelaskan beberapa surat pendek yang mudah dihafalkan sehingga saya rasa beberapa surat pendek Al-Quran berikut ini wajib dihafalkan oleh umat islam. Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Surat Al-Fatihah

Surat pendek pertama yang wajib dihafalkan oleh umat islam adalah surat Al-fatihah. Surat Alfatihah adalah surat pertama yang ada di dalam kitab suci Al-Quran. Surat Al-fatihah termasuk ke dalam surat Makkiyah karena turun di kota mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Surat Al-fatihah terdiri dari 7 Ayat. Surat pendek yang satu ini seringkali disebut juga sebagai Ummul Qur’an atau ummul kitab yang artinya adalah induk Al-Quran. Hal ini karena di dalam surat Al-fatihah terdapat kandungan isi pokok Al-Quran sebagai pedoman umat islam.

Bacaan surat Al-Fatihah Arab

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Berdasarka yang dikutip dari wisatanabawi.com, surat al-Fatihah ini memiliki banyak keutamaan dan manfaatnya. Isi kandungan yang ada pada surat Al-fatihah antara lain adalah tentang keimanan, hukum-hukum, ibadah serta janji dan ancaman juga ada di dalamnya.

Anda bisa dengan mudah menghafalkan surat Al-fatihah ini, karena selain ayatnya yang sangat pendek, surat Al-fatihah juga merupakan salah satu rukun sholat.

2. Surat Al-Ikhlas

Surat pendek berikutnya yang wajib dihafalkan oleh umat islam adalah surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhlas teridir dari 4 ayat yang amat sangat mudah dihafalkan. Surat Al-Ikhlas biasanya akan dibaca saat sholat atau bahkan pada saat kita berdoa sehabis Sholat dan sebelum tidur, di pagi dan siang hari.

Bacaan surat Al-Ikhlas Arab

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Surat Al-Ikhlas termasuk ke dalam surat Makkiyah karena juga turun di kota Makkah. Surat Al-ikhlas sendiri merupakan surat Al-Quran yang berisi tentang penegasan, keesaan Allah SWT serta penolakan atas segala hal yang menyekutukan Allah SWT.

Jadi, sudah pasti sebagia umat islam Anda harus menghafalkannya karena sangat mudah karena terdiri dari 4 ayat yang cukup pendek. Sehingga akan sangat mudah untuk dihafalkan.

3. Surat Al-Falaq

Selain surat Al-ikhlas, surat pendek berikutnya yang juga wajib untuk dihafalkan oleh umat islam adalah surat Al-falaq. Surat Al-falaq termasuk ke dalam kategori surat pendek karena hanya terdiri atas 5 ayat saja. Secara harfiah, surat Al-falaq sendiri berarti waktu subuh.

Al-Falaq termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah karena memang surat ini turun di kota Mekkah. Isi dan kandungan yang ada di dalam surat Al-falaq berisikan tentang hal-hal yang menerangkan bahwa kita harus berlindung hanya kepada Allah SWT dari segala hal buruk yang akan atau mungkin menimpa kita.

Bacaan surat Al-Falaq Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Surat Al-falaq sangat pendek sehingga sudah pasti surat ini akan sangat mudah dihafalkan. Tak hanya itu, surat Al-falaq juga amat sangat baik dibaca pada saat kita akan pergi tidur atau pada saat kita berada di perjalanan.

4. Surat An-nas

Lanjut, surat pendek yang juga wajib untuk dihafalkan oleh umat islam adalah surat An-nas. Surat An-nas merupakan surat ke-114 dan merupakan surat penutup yang ada di dalam kitab suci Al-Quran. Surat An-nas terdiri dari 6 ayat sangat pendek dan mudah sekali untuk dihafalkan.

Bacaan surat An-Nas Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Adapun isi kandungan surat An-nas sendiri adalah tentang perintgah untuk berlindung pada Allah dari bahaya godaan setan terkutuk yang bisa membahayakan kita sebagai manusia jika terjerumus pada godaannya. Jadi, akan lebih baik jika surat An-nas diamalkan secara rutin setiap hari.

5. Surat Al-Kautsar

Selain beberapa surat pendek tadi yang sudah saya sebutkan, surat pendek berikutnya yang juga wajib Anda hafalkan adalah surat Al-kautsar. Surat Al-kautsar adalah surat paling pendek karena hanya terdiri dari 3 ayat dengan potongan ayat yang amat sangat pendek sehingga akan sangat mudah dihafalkan.

Bacaan surat Al-Kautsar Arab

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

Surat ini berisi tentang nikmat Allah SWT yang amat sangat besar kepada kita sebagai manusia dan ciptaannya yang lainnya. Tak hanya itu, surat ini juga berisikan perintah untuk selalu beribadah kepada Allah SWT.

Baca juga : Surat Al-Quran yang Wajib Diketahui

Oke itu tadi beberapa surat pendek yang wajib Anda hafalkan. Dan pastikan tidak hanya menghafalkannya saja, tapi mari kita resapi dan coba terapkan di kehidupan kita sehar-hari. Semoga bermanfaat, terimakasih.

One thought on “Surat Pendek di Al-Quran yang Wajib Dihafalkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *