Contoh Surat Ahli Waris, Lengkap Beserta Cara Membuatnya

Jika membicara tentang warisan atau sesuatu hak yang diberikan kepada orang lain, maka ada kaitannya dengan surat ahli waris. Karena dalam kehidupan, kunci utama untuk menentukan siapa yang mempunyai hak atas peninggalan orang lain, maka dibutuhkan surat ahli waris. Oleh karena itu, disini Kami akan mencoba memberikan beberapa contoh surat ahli waris yang bisa jadi referensi pembaca.

Ada banyak kegunaan surat ahli waris ini, misalnya untuk mengurus harta peninggalan orang yang sudah meninggal atau yang lebih sering disebut surat wasiat kematian. Namun surat waris tersebut juga sering digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti mengurus Jamsostek, bank, atau lainnya yang masih berkaitan dengan harta atau benda.

Beberapa jenis bank seperti bank BRI, BCA, BNI atau lainnya, membutuhkan surat seperti ini untuk klaim sebagai ahli waris.

Mengenal Apa Itu Surat Ahli Waris

Surat ahli waris adalah suatu surat atau dokumen yang berguna untuk membuktikan bahwa seseorang mempunyai hak atas harta atau benda peninggalan si pewaris. Sehingga, tidak adanya surat tersebut maka seseorang tidak bisa dianggal sebagai ahli waris meskipun sudah menjadi haknya.

Karena surat ahli waris ini termasuk jenis surat yang berkekuatan hukum dan kehadirannya sangat penting untuk menghindari sengketa warisan dari orang yang sudah meninggal. Apalagi seperti yang kita tahu, urusan warisan memang seringkali dapat memecah persaudaraan keluarga besar akibat masalah rebutan warisan.

Jadi jika Kamu berencana untuk membuat surat wasiat, ada baiknya mengetahui bagaimana cara membuat surat ahli waris yang benar.

Cara Membuat dan Contoh Surat Ahli Waris yang Benar

Dalam pembuatan surat ahli waris memang ada baiknya didampingi oleh pihak Notaris atau dari Kelurahan sebagai saksi. Karena surat ahli waris ini berkuatan hukum dan harus dibuat dengan memenuhi unsur-unsur sebagai surat warisan. Namun jika ingin coba membuat surat waris sendiri, berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Persiapan Dokumen

Ada sejumlah dokumen yang perlu dipersiapkan untuk membuat surat keteran waris ini, diantaranya KTP, KK, Surat Kematian, Surat Keterangan Penguburan, Catatn Sipil Kematian, Surat Nikah, KTP ahli waris (istri atau anak) dan akta kelahiran seluruh ahli waris.

Semua dokumen tersebut harus lengkap dan sebaiknya di Foto Copy masing-masing du lembar.

  1. Membuat Surat Pernyataan Sebagai Ahli Waris

Kamu juga wajib membuat surat pernyataan sebagai ahli waris. Tidak perlu khawatir, karena di bawah nanti Kami akan memberikan contohnya.

  1. Unsur-unsur Surat Pernyataan Ahli Waris

Ada beberapa unsur yang harus ada dalam surat pernyataan ahli waris, dimana harus memuat beberapa hal seperti:

  • Identitas pemberi kuasa
  • Identitas yang diberi kuasa
  • Kalimat jelas dan tegas
  • Harta kekayaan yang dimaksud lengkap beserta deskripsinya
  • Tanggal dan tempat surat kuasa saat ditandangani
  • Tanda tangan asli pemberi kuasa

Dengan beberapa langkah mudah tersebut, Kamu sudah bisa membuat surat ahli waris sendiri. Surat seperti ini memang seharusnya dibuat sebelum yang bersangkutan atau pewaris meninggal dunia untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini Kami telah mencantumkan beberapa contoh surat ahli waris yang bisa jadi referensi:

  • Surat Ahli Waris BPJS Ketenagakerjaan

    contoh surat ahli waris motor
    http://ensiklopediilmupopuler512.blogspot.com/
  • Surat Ahli Waris Bank

    contoh surat ahli waris tanah
    https://imgv2-2-f.scribdassets.com/
  • Surat Ahli Waris Kematian

    contoh surat ahli waris rumah
    https://cdn.statically.io/

Demikian itulah informasi mengenai pentingnya surat ahli waris lengkap beserta cara membuat dan contoh-contohnya.

Semoga bisa jadi referensi untuk pembaca yang sedang berencana membuat jenis surat warisan untuk rumah, harta, tanah atau lainnya.

Jangan lupa mampir ke Selasar untuk mendapatkan info menarik lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *