Cara Mengatasi Brightness Windows 10 Tidak Berfungsi

Sejak pertama kali Windows 10 diluncurkan, banyak pengguna yang mengalami brightness tidak berfungsi. Jadi, mau dicerahkan ataupun diredupkan tidak bisa sama sekali. Apakah Anda juga mengalaminya?

Versi yang sering mengalami masalah ini adalah Windows 10 Pro. Hal ini seperti yang banyak ditanyakan melalui berbagai grup, terutama grup Facebook yang membahas seputar Windows 10.

Bagi Anda yang mengalami masalah brightness Windows 10 yang tidak berfungsi, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Brightness Windows 10 Tidak Berfungsi

Brightness adalah salah satu fitur penting pada Windows. Pasalnya, kita bisa menyesuaikan kecerahan layar sesuai keinginan. Oleh karena itu, jika Windows 10 pada laptop Anda mengalami masalah ini, maka lebih baik segera diatasi.

Untuk mengatasi brightness Windows 10 yang tidak berfungsi, ada beberapa cara yang bisa digunakan, seperti yang dikutip dari charis.id berikut ini:

1. Update Windows

Update Windows

Karena masalah ini muncul pada awal rilisnya Windows 10, maka jika solusinya dikaitkan dengan cara update Windows cukup masuk akal juga. Soalnya, banyak testimoni setelah melakukan update Windows masalah brightness ini sudah tidak muncul lagi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya Microsoft akan terus melakukan perbaikan pada semua product mereka, termasuk Windows. Nah, salah satu cara memperbaiki masalah tersebut bisasnya dilakukan melalui update.

Jadi, silahkan update Windows 10 Anda agar mendapatkan versi terbaru dari Microsoft. Dengan begitu, seharusnya permasalahan yang sebelumnya muncul sudah teratasi.

Untuk melakukan update Windows 10, berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan klik Start lalu pilih icon gear (Pengaturan).
  2. Setelah itu, klik Updates & Security.
  3. Pada bagian Windows Update, silahkan klik Check for updates.
  4. Jika terdapat update, silahkan klik Download untuk menunguh update tersebut.
  5. Setelah proses download selesai, Anda hanya perlu Restart laptop dan tunggu proses booting.

2. Update Driver Grafis

Update Driver

Biasanya, hal yang berkaitan erat dengan tampilan layar laptop adalah VGA. Jadi, ketika terjadi masalah pada tampilan layar laptop, hal pertama yang cukup penting dilakukan adalah mengecek VGA laptop tersebut.

Untuk langkah awal, Anda hanya perlu memastikan bahwa driver VGA sudah terinstall di laptop Anda dengan benar. Soalnya, jika terdapat permasalahan pada driver, maka VGA juga tidak akan berfungsi dengan baik.

Selain itu, versi driver VGA juga cukup berpengaruh pada kinerja VGA. Seperti halnya pada update Windows tadi, semakin baru versinya, maka permasalahan yang sebelumnya terjadi akan diperbaiki.

Jadi, langkah untuk mengatasi brightness Windows 10 yang tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan mengupdate driver VGA. Caranya bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa menggunakan CD Driver, Driver Updater, ataupun Device Manager.

Cara yang paling mudah adalah dengan Device Manager, berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan buka Device Manager terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, klik anak panah di sebelah kiri Display adapters.
  3. Nanti akan muncul VGA yang Anda gunakan. Untuk melakukan update, klik kanan pada driver VGA tersebut lalu klik Update Driver.
  4. Selanjutnya Anda akan diberi pilihan update, mau manual atau otomatis, silahkan pilih Search automatically for updated driver software.
  5. Terakhir, Anda hanya perlu menunggu proses update selesai.

3. Reinstall Driver Monitors

Reinstall Driver Monitors

Ini adalah cara terakhir (yang saya tahu) yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi brightness Windows 10 yang tidak berfungsi. Jika cara sebelumnya masih belum berhasil juga, maka ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan.

Hampir mirip dengan update driver di atas, cara ini juga dilakukan melalui Device Manager. Caranya juga cukup mudah, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Device Manager terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, klik anak panah di sebelah kiri Monitors.
  3. Klik kanan pada Generic PnP Monitor lalu klik Uninstall device dan tunggu prosesnya selesai.
  4. Selanjutnya, scan ulang driver tersebut dengan klik icon seperti gambar di bawah ini.Update Generic PnP Monitor
  5. Silahkan tunggu proses scanning selesai.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi brightness Windows 10 yang tidak berfungsi. Nah, apakah cara di atas berhasil digunakan di laptop Anda?

Demikianlah artikel yang bisa disampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *