Resep Arsik Ikan Mas

Bagi Anda yang suka memasak, wajib mencoba resep arsik ikan mas yang merupakan makanan khas Sumatera Utara. Proses memasaknya tergolong cukup mudah. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam saja, sudah dapat menikmati sajian masakan rumahan tersebut. Bila Anda penasaran, dapat simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Resep Arsik Ikan Mas Pedas Gurih

Resep arsik ikan mas dapat Anda coba sebagai variasi menu masakan di rumah. Pastinya dalam memasak menu ini memadukan beberapa bahan rempah – rempah yang akan menambah cita rasa di dalamnya. Berikut adalah penjelasan mengenai resep untuk memasak arsik ikan mas.

Bahan yang Dibutuhkan

1. 1 kg ikan mas
2. 200 gram kacang panjang yang telah dipotong
3. 150 gram daun bawang batak yang telah dipotong menjadi 3 bagian
4. 10 batang serai yang telah dimemarkan
5. 5 buah asam cekala yang telah dimemarkan
6. 3 potong asam gelugur
7. 50 gram irisan lengkuas
8. 2 sdm Andaliman yang telah dimemarkan
9. 3 buah bunga kecombrang yang telah dibelah menjadi 4
10. 1 buah perasan jeruk nipis
11. 1 sdm garam
12. 2 sdt gula
13. Air secukupnya

Bumbu Halus

1. 8 siung bawang putih
2. 75 gram bawang merah
3. 10 buah cabai rawit hijau
4. 75 gram cabai merah keriting
5. 3 batang serai yang diambil bagian putihnya saja.
6. 2 ruas kunyit
7. 8 butir kemiri
8. 4 cm jahe
9. 2 sdt garam

Cara Memasak Arsik Ikan Mas

1. Bersihkan Ikan Mas

Bersihkan isi perut hingga kotoran ikan mas. Jangan lupa untuk membersihkan insang dan juga sisik ikan. Kemudian cuci bersih bagian yang telah dibersihkan tadi. Lalu lumuri ikan mas dengan menggunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah ikan dilumuri air jeruk, diamkan selama 20 menit.

2. Haluskan Bumbu

Sambil menunggu ikan yang dilumuri perasan jeruk nipis, haluskan semua bahan untuk bumbu halus dengan menggunakan blender. Pastikan semua bahan tercampur hingga halus dan rata.

3. Masukkan Sedikit Bumbu Halus

Setelah ikan dilumuri jeruk nipis, masukkan sedikit bumbu halus tadi ke dalam perut ikan. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa potong kacang panjang. Hal ini bertujuan agar bumbu halus tersebut dapat meresap sempurna pada ikan mas tersebut.

4. Masukkan Bumbu Masakan

Letakkan ikan mas di atas wajan penggorengan. Masukkan asam gelugur, bunga kecombrang, serai, Andaliman, dan lengkuas. Jangan lupa untuk melumuri ikan mas dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Ratakan bumbu halus tersebut agar cita rasa rempah – rempahnya terasa di seluruh bagian ikan. Tambahkan air secukupnya.

5. Masukkan Bahan Masakan

Setelah ikan diisi air, tutup wajah penggorengan dan masak dengan menggunakan bara api kecil hingga sedang. Hal ini dilakukan agar ikan tidak gosong dan matangnya merata. Bila air di wajan tersebut sudah berkurang setengahnya, masukkan potongan kacang panjang dan juga daun bawang batak. Kemudian tutup kembali wajannya.

6. Siap Disajikan

Bila air telah habis, itu tandanya ikan mas telah matang. Jangan lupa untuk koreksi rasanya. Sajikan selagi hangat.

Pembuatan masakan rumahan arsik ikan mas tergolong mudah dan cepat dalam pembuatannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lainnya, dapat mengunjungi https://www.topijelajah.com. Pastinya semua informasi di sana sangatlah lengkap dan terbaru. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *