Makanan Khas Sumatera Utara yang Terkenal dan Menarik

Sumatera Utara mempunyai baragam kuliner yang sangat menarik dengan cita rasa yang lezat. Makanan khas Sumatera Utara yang terkenal salah satunya adalah Arsik. Selain itu, masih banyak makanan lainnya yang lezat dan dapat dinikmati bersama keluarga. Bagi Anda yang sedang berkunjung di Sumatera Utara, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba makanan khas tersebut.

Makanan Khas Sumatera Utara yang Terkenal

Sumatera Utara termasuk provinsi terbesar di Indonesia. Ibukotanya adalah Medan dan suku yang paling terkenal adalah suku Batak. Berikut makanan khas dari Sumatera Utara yang terkenal dan pastinya akan menggugah selera makan Anda.

1. Arsik

Arsik merupakan makanan khas yang berasal dari Suku Batak. Proses pembuatanya yaitu dengan mengarsik atau ikan diguyur dengan bumbu asam, pedas, dan pekat sehingga kuah bumbu tersebut merata dan menyersap ke dalam ikan. Anda dapat menikmati makanan ini bersama dengan makanan khas Batak lainnya bersama keluarga seperti gulai ubi tumbuk, ikan teri balado, pinadar dan sebagainya.

2. Soto Udang

Makanan yang satu ini mempunyai cerita yang unik dibalik asal usulnya. Awalnya kalangan Buddha dan Hindu tidak mau mengkonsumsi daging sapi, sehingga daging tersebut diganti dengan dengan daging ayam dan diberi tambahan udang. Soto udang disajikan dengan suwiran daging ayam bakar dengan kuah yang gurih dan aromanya sangat harum.

Bumbu yang digunakan yaitu serai, garam, daun salam, daun jeruk, merica, daun bawang dan juga bumbu halus. Kuah Soto diberi kaldu ayam panggang sehingga aromanya sangat lezat dan pastinya akan menggugah selera makan Anda. Soto Udang mempunyai protein yang cukup tinggi.

3. Sayur Gurih Tauco

Makanan berkuah lainya adalah sayur tauco dari Medan. Makanan ini mempunyai kuah dari santan dan di dalamnya terdapat udang, daging sapi dan bumbu tauco. Tauco tersebut membuat kuah mempunyai rasa yang berbeda dan aromanya sangat khas. Karena tauco sidah difermentasi dan menghasilkan rasa pedas dan gurih. Selengkapnya diĀ https://www.topijelajah.com!

Bahan untuk bumbu yang digunakan yaitu bawang putih, bawang merah, cabai, serai, lengkuas, dan jahe. Sayur gurih tauco ini sangat cocok disajikan bersama keluarga ditambah dengan lontong sayur atau ketupat. Anda juga dapat menambahkan menu lain yaitu telur rebus, buncis, serundeng, rendang dan sebagainya.

4. Kari

Kari mempunyai bahan rempah yang sangat khas yaitu ketumbar, merica, kunyit, jintan, cabai, paprika bubuk, kayu manis, bunga lawang, dan sebagainya. Berbagai rempah tersebut dipadukan menjadi satu sehingga menghasilkan makanan yang lezat dan enak. Kari biasanya dilengkapi juga dengan sate, kerupuk, dan berbagai menu pelengkap lainnya sesaui dengan selera Anda.

5. Kue Putu Bambu

Putu bambu termasuk makanan khas Medan yang sudah sangat terkenal. Bahkan Anda dapat menemukan kue ini dimana saja di seluruh Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung beras dan diisi dengan gula merah dan diberi sari pandan sehingga aromanya sangat khas. Rasanya sangat lembut dan legit. Di tengahnya terdapat gula merah yang lumer di mulut.

Kue Putu ini dimasak dengan cara yang unik dan menarik. Alat kukusnya berupa bambu kecil panjang dan berluang. Bambu tersebut diisi dengan tepung beras, dan gula merah dan disusun hingga matang. Lalu diberi taburan kelapa diatasnya. Kue putu juga mempunyai ciri khas mengeluarkan suara dari bambu yang dikukus tersebut.

Makanan khas Sumatera Utara yang terkenal sebenarnya masih banyak. Karena Sumatera Utara mempunyai kota besar dengan beragam budaya termasuk kuliner. Makanan khas tersebut mempunyai rasa yang enak, lezat dan berbeda dengan makanan lainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *