Mengenal Makanan Khas Sumatera Utara Arsik

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai beragam etnis dan suku. Selain itu, beragam kuliner lezat juga dapat ditemukan di berbagai daerah disana. Salah satu makanan khas yang terkenal adalah Arsik. Makanan khas Sumatera Utara Arsik ini merupakan hidangan tradisional dari suku Batak yang hingga sekarang masih terkenal di seluruh Indonesia.

Makanan Khas Sumatera Utara Arsik

Arsik merupakan hidangan atau makanan tradisional yang berasal dari Suku Batak. Nama Arsik diambil dari proses pembuatan makanan tersebut yang berbahan dasar ikan mas dengan bumbu kuning. Proses pembuatanya yaitu dengan mengarsik atau ikan diguyur dengan bumbu asam, pedas, dan pekat sehingga kuah bumbu tersebut merata dan menyersap ke dalam ikan.

Arsik juga merupakan makanan sehari-hari orang Tapanuli yang disajikan untuk acara adat atau saat berkumpul bersama keluarga. Anda dapat menikmati makanan ini bersama dengan makanan khas Batak lainnya bersama keluarga seperti gulai ubi tumbuk, ikan teri balado, pinadar dan sebagainya. Anda juga menikmati berbagai hidangan minuman yang segar.

Memasak ikan dengan cara diarsik ini menggunakan kayu bakar dan dimasak dalam wajan. Wajan yang digunakan ukuran besar dan sudah diberi bumbu. Bumbu yang digunakan yaitu lembaran bunga kecombrang dan serai. Tujuanya agar ikan mas tidak gosong dan lebih terasa pekat saat dinikmati dan disajikan.

Pembuatan Arsik termasuk unik, karena masih menggunakan kayu bakar dengan bumbu yang sudah dimasukan dalam wajan. Proses pembuatanya pertama adalah menyiapkan kayu bakar dan wajan lalu ikan mas diletakan di atas wajan yang sudah dilumuri dengan bumbu yaitu bumbu merah, serai dan air hingga menutupi ikan.

Ingin tahu makanan khas lainnya? Yuk kunjungi https://www.topijelajah.com!

Awal pemasakan, api harus besar agar air mendidih, lalu api dikecilkan. Ikan dimasak dalam waktu lama dengan api kecil hingga ikan matang dan lembut. Ikan Arsik biasanya dimasak hingga air habis dan bumbu mersap dengan sempurna. Untuk ikan yang dimasak kering, bertujuan agar ikan lebih awet dan tidak mudah hancur. Ikan Arsik yang dimasak kering biasanya digunakan untuk makanan adat yang disajikan dengan tampah beralas daun pisang.

Cara Membuat Makanan Arsik

Bahan-bahan

1. 1 kg ikan mas
2. 1 sdt andaliman
3. 15 buah cabai merah
4. 10 buah cabai rawit
5. 8 siung bawang merah
6. 5 siung bawang putih
7. 100 gram bawang batak
8. 2 batang serai
9. 2 buah kecombrang
10. 150 gram kacang panjang
11. 3 cm jahe
12. 6 cm kunyit
13. 1 buah asam cekala
14. 5 butir kemiri
15. 1 liter air
16. 1 sdt garam

Langkah Pembuatan

1. Cuci ikan mas dengan air hingga bersih, lalu potong sesuai selera.
2. Haluskan merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serta kunyit, jahe, andaliman, lengkuas dan kemiri hingga halus dan rata menggunakan ulek atau blender lalu tambahkan sedikit air.
3. Geprekan serai dan asam cekala hingga tercium aroma khasnya.
4. Potong kacang panjang dengan ukuran sekitar 5 cm.
5. Siapkan bawang batak dan bersihnya, lalu potong panjang-panjang.
6. Siapkan wajan dn susun bumbu dalam wajan mulai dari serai, asam cekala, bawang batak, kecombrong dan juga kacang panjang.
7. Lalu masukan ikan mas yang sudah dipotong dan diberi bumbu halus.
8. Tambahkan air hingga ikan terendam, tambahkan garam sesuai selera lalu masak hingga airnya kering.
9. Setelah kering, angkat dan sajikan bersama keluarga.

Makanan khas Sumatera Utara Arsik ini lebih nikmat dinikmati setelah 1 hari dimasak. Karena bumbu akan lebih meresap ke dalam ikan dan lebih terasa. Anda dapat menikmati hidangan ini langsung di Tapanuli atau Batak. Anda juga dapat membuat sendiri resep Arsik di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *