Surat Dalam Al Quran yang Wajib Diketahui

Sebagai umat islam yang baik, hendaknya kita mengetahui apa yang menjadi anjuran atau amalan-amalan dalam islam.

Baik itu dibaca di waktu, hari dan jam tertentu. Entah itu sholat, bacaan Al Qur’an atau bacaan do’a lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai 5 surat yang wajib untuk diketahui dan dikenal oleh orang Islam. Karena, surat-surat ini sangat banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan manfaatnya.

Penasaran apa saja suratnya?

Yuk langsung aja simak penjelasannya :

5 Surat yang Wajib Diketahui Oleh Umat Islam

Surat-Dalam-Al-Quran-yang-Wajib-Diketahui

Sebagai umat Islam yang baik, kita harus senantiasa berdo’a dan mengingat Allah. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan ketaqwaan. Taqwa berarti meninggalkan larangannya dan menaati perintah Nya.

Salah satu perintah Allah adalah percaya terhadap kitab Al Qur’an. Mempercayai kitab Al Qur’an berarti kita harus rajin membaca dan memahami makna yang ada di dalamnya.

Apalagi dalam Al Qur’an banyak surat yang istimewa dan diutamankan. Nah berikut ini ada 5 surat yang wajib anda ketahui dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Surat Ar Rohman

Pertama adalah surat Ar Rohman. Surat Ar Rohman adalah surat ke-55 dalam Al Qur’an. Penamaan Ar Rohman sendiri merujuk kepada asma’ul husna atau nama Alloh. Ar Rohman dan Ar Rohim.

Tetapi, Ar Rohman adalah sifat penyayang Allah baik di dunia dan di Akhirat.

Begitu indahnya, sehingga ada kalimat yang diulang-ulang dalam surat Ar Rahman “fabiayyi ‘ala irobbikuma tukadzdziban” yang artinya maka nikmat mana lagi yang kau dustakan.

Allah sangat menyayangi umatnya, sehingga baik yang beriman maupun tidak beriman tetap saja diberikan nikmat oleh Allah, nikmat hidup, nikmat kebebasan dan lain-lain.

Tetapi sering kali manusia lebih banyak mengeluh dan tidak bersyukur atas apa yang dia miliki.

2. Surat Al Mulk

Surat selanjutnya adalah Surat Al Mulk. Makna dalam surat Al Mulk adalah meyakini bahwa Allah adalah sang Maha Raja yang menguasai segala sesuatu, alam semesta dan takdir manusia.

Surat Al Mulk hendaknya dibaca setiap hari. Dianjurkan sebelum tidur agar kita terhindar dari kejelekan dunia dan siksa kubur. Mari sama-sama kita amalkan

3. Surat Al Kahfi

Ketiga adalah surat Al Kahfi. Surat Al Kahfi sangat familiar dan sering dibaca. Biasanya dibaca pada hari jum’at atau kamis malam jum’at.

Mengapa surat Al Kahfi dibaca hari jum’at.

Pertama, hari jum’at dikenal sebagai hari ibadah umat islam yang mana dalam Al Qur’an sendiri sudah dijelaskan kalau hari jum’at hendaknya menghentikan kegiatan perdagangan dan beribadah.

Kedua, Al Kahfi artinya adala penghuni-penghuni gua yang mana ketika dibaca pada hari kamis malam jum’at maka akan diterangi dan cahayanya antara dia dengan ka’bah. Masya’Alloh

Ketiga, barang siapa yang membaca surat Al Kahfi maka akan diampuni dosanya diantara dua jum’at. Tidakkah menginginkan dosa kita diampuni oleh Allah SWT?.

Keempat, membaca surat Al Kahfi juga menjadi pengingat akan adanya hari kiamat. Sehingga kita bisa mempersiapkan diri dengan berbuat baik.

4. Surat Yasin

Surat yang keempat ini bisa dibilang surat yang mengelilingi tahlil.

Karena biasanya ketika orang mengirim do’a untuk keluarga yang meninggal sering kali juga membaca surat ini.

Bukan tanpa alasan, ternyata surat yasin dapat memberikan syafa’at atau pertolongan bagi si pembaca dan orang yang di do’akan.

Dengan membaca surat yasin, kita juga akan memperoleh ketenangan jiwa, terhindari dari siksa kubur dan meningkatkan keimanan kita.

Surat Yasin hendaknya diucapkan secara khusyu’ dan penuh hikmat agar nantinya selamat dunia dan akhirat.

Begitu banyak keutamaan surat yasin yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Untuk mengetahui bacaan surat Yasin arab lengkap, silahkan kunjungi sumber dari artikel ini di wisatanabawi.com.

5. Surat Al Waqi’ah

Surat waqi’ah disebut sebagai surat yang bisa mendatangkan rezeki. Apabila Anda sedang kesulitan rezeki, maka hendaknya bermunajat kepada Allah dan sebanyak mungkin membaca surat Al Waqi’ah setiap selesai sholat.

Nah, itu adalah 5 surat dalam Al Quran yang harus diketahui oleh umat islam. Wallohu a’lam bish showab. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *