Tips Menerbangkan Drone Bagi Pemula

Dewasa ini, teknologi makin berkembang pesat. Jika dulu gambar hanya bisa diambil dengan dengan jarak dekat, kini anda bisa mengambil gambar dari jarak jauh bahkan dari ketinggian tertentu.

Teknologi ini mulai ada sejak kemunculan drone. Namun, tidak semua orang bisa langsung mengoperasikan drone. Karenanya, penting bagi anda untuk tahu soal cara menerbangkan drone untuk pemula.

Drone memang bukan barang murah yang bisa digunakan asal-asalan. Anda harus belajar dengan cermat agar bisa menggunakannya dengan aman tanpa ada kerusakan yang berarti.

Namun bukan berarti anda harus takut mencobanya. Anda bisa belajar sedikit demi sedikit secara perlahan. Untuk itu, berikut rangkuman tips belajar menggunakan drone bagi seorang pemula.

Drone?

Nah, drone merupakan pesawat tanpa awak atau pesawat nirawak dengan kendali jarak jauh oleh pilot dengan menggunakan remote control.

Jika dulu mengambil gambar dari atas harus menggunakan helikopter, tidak dengan saat ini. Cukup menggunakan pesawat mungil beserta kamera, objek-objek dapat diambil dengan view dari udara.

Nah, bagi anda yang mencari rekomendasi drone, postingan ini bisa jadi jawabannya: drone terbaik.

Tips Kiat-kiat Menerbangkan Drone Bagi Pemula

tips menerbangkan drone

1. Kenali Setiap Fungsi Alat atau Anatomi di Drone

Drone biasanya memiliki pemancar dengan tombol yang berbeda-beda. Namun, yang pasti, akan ada dua bagian dalam pemancar drone yakni bagian kiri dan kanan. Biasanya bagian ini disebut sebagai stick kiri dan stick kanan. Stick kiri akan mengontrol dua aspek penerbangan yakni throttle dan yaw.

Yaw adalah proses berputarnya multirotor bagian kiri dan juga multirotor bagian kanan. Sedangkan throttle akan menggerakkan multiroto ke arah atas dan juga bawah.

Sedangkan untuk stick kanan, anda akan mengontrol gerak roll dan pitch. Roll adalah gerakan ke samping, sedang pitch adalah gerakan maju dan juga mundur.

2. Baca Buku Panduan atau Petunjuk Penggunaan Drone

Sebenarnya, anda bisa belajar soal anatomi drone di buku, namun anda juga bisa mengetahuinya lebih dulu dengan mencari tahu di internet.

Langkah kedua agar paham cara menerbangkan drone untuk pemula adalah dengan memahami buku panduan. Bacalah buku panduan menjalanan drone dengan cermat agar anda bisa tahu seluk beluk drone.

3. Sebelum Menggunakan, Cek Kesiapan Baterai Drone

Sesaat sebelum menjalankan drone, hal yang harus disiapkan adalah kesiapan baterai drone. Jangan sampai saat sudah digunakan ternyata baterai dalam keadaan kosong. Siapkan baterai bila perlu charge hingga penuh dan sediakan cadangan.

4. Lokasi Harus Aman untuk Quadcapter

Bagi pemula, mencari lokasi yang baik sangat penting. Karena jika salah, risiko kerusakan bisa semakin besar.

Pilihlah lokasi yang aman seperti luas, berumput dan tidak banyak rintangan seperti pohon atau bangunan. Dengan memilih lokasi yang luas, anda akan lebih jelas dalam mengontrol jalannya drone.

5. Belajar Lepas Landas

Sebelum belajar gerakan, yang harus anda pahami pertama adalah soal lepas landas. Anda harus belajar bagaimana pertama menerbangkan drone.

Yakni dengan mendorong throttle ke atas secara perlahan-lahan. Dan drone pun secara perlahan akan naik ke atas.

6. Mulai dengan Gerakan yang Mudah

Anda bisa mulai menjalankan drone dengan gerakan yang mudah dulu. Misalnya gerakan naik dan turun menggunakan stick kiri.

Lakukan berkali-kali agar gerakan yang anda lakukan makin mahir dan lancar. Jika sudah ahli, anda bisa beralih ke gerakan selanjutnya misalnya gerakan ke samping, atau bisa juga ke kiri atau ke kanan. Lakukan sampai lancar.

7. Belajar Mempertahankan Posisi Drone

Ini merupakan salah satu fase yang cukup sulit. Anda harus bisa mempertahankan drone di posisi tertentu dan jangan sampai oleng atau jatuhnya.

Caranya, anda harus memahami posisi drone, Jika dirasa drone sudah hampir oleng, anda harus membalasnya ke arah lain agar tetap stabil.

Di atas adalah beberapa cara menerbangkan drone untuk pemula yang bisa anda pelajari lebih lanjut agar semakin mahir menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *