Manfaat Asparagus untuk Kesuburan

Manfaat asparagus untuk kesuburan pria berasal dari kandungan vitamin, mineral dan antioksidan di dalamnya yang dapat mengatasi beragam masalah kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan baik pada pria maupun wanita. 

Asparagus merupakan salah satu sayuran tinggi nutrisi dan rendah kalori, dalam 90 gram sayur asparagus yang telah matang, Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi seperti:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Asam Folat
  • Potassium
  • Fosfor
  • Vitamin E
  • Zat besi
  • Zinc 
  • Riboflavin

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah barang tentu sayuran ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara umum dan meningkatkan kesuburan secara khusus. Berikut ini ulasan manfaat asparagus untuk kesuburan pria, simak artikelnya dibawah ini:

Manfaat Asparagus untuk Kesuburan Pria

Sayuran yang termasuk dalam keluarga Lily ini telah sejak lama digunakan oleh banyak kebudayaan dunia untuk meningkatkan performa dan kualitas kehidupan seksual. Dokter Eropa pada abad pertengahan meresepkan jus asparagus untuk meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan gairah  seksual pria. 

Dalam pengobatan Ayurvedic di India, asparagus liar digunakan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan, termasuk kemandulan. Ahli pengobatan India meramu asparagus bersamaan dengan Ghee, AIr Jeruk Nipis, Madu, cabe jawa dan susu. Ramuan ini dipercaya dapat meningkatkan produksi sperma, meningkatkan produksi ASI dan menguatkan rahim bagi mereka yang sedang dalam program hamil. 

Konsumsi asparagus merupakan cara untuk meningkatkan kualitas sperma, kandungan vitamin C dosis tinggi dalam sayuran ini memiliki manfaat untuk melindungi testikel Anda dan memerangi dampak negatif radikal bebas yang dapat menurunkan kualitas sperma Anda. Konsumsi asparagus dapat meningkatkan produksi sperma yang memiliki kemampuan renang yang baik. 

Klaim pengobatan tradisional diatas tampaknya didukung dengan hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 silam, dalam uji coba yang dilakukan pada tikus menunjukan bahwa suplementasi asparagus berimbas pada peningkatan gairah seksual dan fungsi organ reproduksi. 

Penelitian menemukan bahwa subjek tikus yang diberikan suplemen asparagus memiliki tingkat produksi sel sperma yang tinggi, memiliki gairah seksual yang tinggi, ereksi yang kuat dan tahan lama. 

Meski penelitian diatas belum dilakukan pada manusia, namun nutrisi seperti Zinc, Asam Folat, Vitamin E dan Vitamin C dalam sayuran ini memang dibutuhkan oleh organ reproduksi Anda agar berfungsi dengan maksimal. Manfaat asparagus untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular tubuh Anda dapat meningkatkan kemampuan ereksi dan gula darah yang seimbang dapat meningkatkan hormon testosteron yang dapat meningkatkan gairah seksual, sedangkan antioksidan berperan dalam melindungi sel sperma dari kerusakan karena radikal bebas.

Cara Mengonsumsi Asparagus

1. Asparagus Kukus

Salah satu cara untuk mengonsumsi asparagus adalah dengan mengukusnya, potong bagian bawah batang asparagus kemudian cuci hingga bersih kemudian kukus hingga lembut atau sesuai tekstur yang Anda inginkan. 

Asparagus menjadi lembut dan lembab saat Anda mengukusunya, tambahkanlah garam dan bumbu lain untuk menambahkan rasa.

2. Asparagus Panggang

Siapkan dan bersihkan asparagus seperti langkah pertama diatas, kemudian setelah dicuci teteskan minyak zaitun dan taburan garam sebagai penambah rasa. Setelah itu panggang sayuran ini selama 1-2 menit hingga bagian luar sayuran ini kecoklatan dan konsumsi saat hangat.

Meski di panggang, kandungan nutrisi di dalamnya tetap utuh.

3. Tumis Asparagus

Di Indonesia tumis asparagus merupakan salah satu jenis masakan yang umum ditemui. Menambahkan asparagus pada setiap tumis merupakan salah satu cara mudah untuk mengonsumsi sayuran ini. 

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Asparagus untuk Kesuburan Pria, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam meningkatkan kesuburan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *