Cara Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu peradangan yang dapat menimbulkan rasa nyeri seperti halnya Osteoarthritis.

Asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah, asam urat ini lama kelamaan akan menumpuk pada persendian dan akan mengkristal. Jika sudah begini maka akan menyebabkan peradangan yang disertai ketidaknyamanan serta rasa nyeri pada persendian Anda.

Saat ini telah banyak metode dan obat-obatan medis yang dapat mengatasi asam urat. Namun, bila Anda termasuk orang yang lebih mengutamakan penggunaan obat-obatan alami sebaiknya simak ulasan kami mengenai cara mengatasi asam urat dengan obat alami berikut ini:

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Obat Alami

1. Jahe

Jahe merupakan rempah dan herbal yang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi peradangan, termasuk untuk mengatasi peradangan karena asam urat.

Jahe dapat digunakan sebagai obat luar maupun obat luar. Menggunakan ramuan jahe yang dihaluskan pada persendian yang mengalami pembengkakan karena asam urat dapat meredakan pembengkakan dan peradangan pada area yang mengalami peradangan.

Sedangkan mengonsumsi air rebusan jahe dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah, dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi air rebusan jahe umumnya memiliki serum asam urat yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

2. Minyak Ikan

Salah satu cara mengatasi asam urat secara alami adalah dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan, kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat menurunkan risiko asam urat, omega 3 bekerja efektif dalam meredakan peradangan pada persendian Anda.

Asam urat merupakan salah satu radang sendi dan konsumsi minyak ikan terbukti merupakan obat alami untuk meredakan asam urat, oleh karena itu, baik penderita asam urat maupun yang tidak konsumsi asam urat sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

3. Seledri

Seledri merupakan salah satu obat tradisional untuk mengatasi masalah saluran kemih. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran ini juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Seledri sendiri memiliki senyawa kimia yang bersifat diuretik, yang artinya metabolisme tubuh Anda akan terjaga dan hal ini sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda. Untuk itu, konsumsi seledri dalam bentuk jus, ekstrak dan biji seledri untuk meredakan asam urat Anda.

4. Buah Apel

Salah satu obat alami untuk asam urat lainnya adalah buah apel. Kandungan Malic Acid dalam buah apel dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda.

Meski demikian, bagi Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi sebaiknya berhati-hati konsumsi apel karena kandungan gula alami, fruktosa dalam buah apel dapat menstimulasi Hyperuricemia yang menyebabkan peradangan pada tubuh Anda.

Konsumsi buah apel untuk mengatasi asam urat sebaiknya diikuti dengan diet rendah gula.

5. Minum Air Putih

Menjaga asupan air putih sangat penting utnuk menjaga fungsi organ tubuh Anda, termasuk liver. Menjaga fungsi liver merupakan salah satu cara untuk menurunkan kadar asam urat tubuh Anda dan mencegah asam urat.

Bagi penderita asam urat yang menderita pembengkakan dan nyeri sendi, konsumsi air putih yang cukup dapat membantu Anda mengeluarkan kelebihan asam urat dalam tubuh Anda melalui proses metabolisme tubuh Anda.

6. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu cara mengatasi asam urat secara alami karena kandungan asam yang terdapat dalam cuka apel dapat meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan.

Konsumsi cuka apel dapat meningkatkan tingkat alkalin dalam tubuh dan memiliki kemampuan meredakan peradangan. Tambahkan satu sendok makan cuka apel serta satu sendok makan madu ke dalam segelas air putih hangat dan konsumsi sebanyak tiga kali sehari.

7. Jeruk Nipis

Konsumsi air perasan jeruk nipis merupakan salah satu pengobatan asam urat yang dapat Anda coba. Kandungan nutrisi dalam jeruk nipis dapat menetralisir asam urat dalam tubuh Anda.

Seperti halnya cuka apel, konsumsi jeruk nipis dapat meningkatkan alkalin tubuh Anda. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini dapat meredakan rasa nyeri dan meredakan pembengkakan karena asam urat.

8. Buah Pisang

Bagi penderita asam urat, konsumsi satu – dua buah pisang setiap hari dapat meredakan peradangan karena asam urat. Kandungan potassium dalam buah ini dapat mencegah pengkristalan asam urat pada persendian Anda.

Bagi penderita asam urat yang terlanjur terjadi pengkristalan asam urat, konsumsi buah pisang dapat mencegah pengerasan kristal asam urat dan membantu membuangnya melalui proses metabolisme tubuh Anda.

9. Bawang Dayak

Manfaat bawang dayak untuk asam urat adalah karena kandungan senyawa aktif di dalamnya yang dapat bersifat diuretik serta kandungan Alkaloid dalam bawang ini dapat melancarkan metabolisme tubuh Anda.

Metabolisme tubuh yang lancar dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, dan mencegah penumpukan asam urat pada persendian Anda. Selain itu, mengutip Manfaat.PRO kandungan flavonoid dalam bawang ini bekerja untuk meredakan peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Asam Urat dengan Obat Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menangani asam urat dengan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *