Cara Mengatasi Sakit Perut pada Anak

Sakit perut pada anak umumnya terjadi pada anak-anak dengan rentang usia empat hingga sepuluh tahun, dan penyebab utamanya bervariasi mulai dari salah makan, stress dan karena efek pertumbuhan anak. Jika anak Anda mengalami sakit perut, simak artikel dibawah ini yang mengulas cara mengatasi sakit perut pada anak dengan bahan-bahan alami.

Cara Mengatasi Sakit Perut pada Anak

1. Minum Air Putih

Sakit perut pada anak dapat juga disebabkan oleh kurangnya minum air putih. Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan. Kekurangan asupan cairan dapat membuat terganggunya proses pencernaan Anda, yang berujung pada timbulnya masalah sakit perut.

Untuk mencegah anak mengalami sakit perut, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan anak antara dua hingga lima gelas setiap hari sesuai usia anak Anda.

2. Minum Air Jahe

Minum air jahe merupakan salah satu cara mengatasi sakit perut pada anak Anda.

Jahe mengandung senyawa aktif seperti Gingerols dan Shogaols yang dapat meningkatkan pergerakan perut, hal membuat makanan yang mengendap di perut menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Kandungan aktif dalam jahe juga dapat meredakan mual, muntah dan diare pada anak Anda. Sajikan air jahe hangat untuk anak Anda saat mengalami sakit perut.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga disebut-sebut sebagai cara alami mengatasi sakit perut. Air hangat dapat meredakan ketegangan pada otot dan melancarkan pencernaan. oleh karena itu jika anak Anda mengalami sakit perut tidak ada salahnya mengajaknya mandi air hangat.

4. Minum Teh Chamomile

Memberikan anak Anda secangkir teh chamomile juga dapat mengatasi rasa sakit perut mereka. Teh chamomile merupakan obat alami untuk mengatasi sakit perut karena kandungan anti peradangan dan efek menenangkan yang diberikan oleh teh ini dapat meredakan ketidaknyamanan perut.

Teh chamomile dapat memberikan efek relaksasi pada otot perut dan memudahkan pergerakan perut anak Anda sehingga melancarkan pencernaan, hal ini juga dapat meredakan kram perut.

5. Konsumsi Yogurt

Yogurt merupakan makanan ringan terbaik untuk mengatasi perut kram pada anak Anda, dan juga merupakan obat alami diare. Konsumsi yogurt dapat membantu menyeimbangkan jumlah bakteri baik pada usus anak.

Bakteri baik pada usus anak dapat terdorong keluar ketika anak mengalami diare atau ketika usus terserang virus yang dapat memperparah gejala diare anak. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi yogurt. Bakteri baik yang hilang akan segera digantikan dengan yang baru dan dapat menurunkan frekuensi buang air besar anak Anda.

6. Cuka Apel

Salah satu cara mengatasi sakit perut pada anak adalah dengan mengonsumsi ramuan cuka apel. Campurkan satu sendok teh cuka apel dalam segelas air putih dan tambahkan satu sendok makan madu murni.

Zat asam dalam cuka apel dapat memperlambat proses pencernaan zat tepung dari makanan, hal ini dapat meningkat jumlah bakteri baik di usus dan mengatasi masalah gangguan pencernaan anak Anda.

7. Minum Air Rebusan Daun Afrika

Manfaat daun afrika untuk mengatasi sakit perut anak adalah karena kandungan antioksidan dan anti peradangan yang terkandung didalamnya, nutrisi dalam daun ini dapat meredakan peradangan pada jaringan otot perut Anda dan efektif untuk mengatasi masalah pencernaan.

Mengutip Manfaat.PRO, konsumsi air rebusan daun afrika dan campuran madu dapat mengatasi sakit perut melilit pada anak.

8. Kunjungi Dokter

Jika Anda sudah melakukan cara-cara diatas namun, masalah sakit perut anak Anda belum teratasi juga. Ada baiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter, karena mungkin saja ada indikasi bahwa sakit perut merupakan tanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Kunjungi dokter jika anak Anda mengalami mual-muntah, sakit perut atau diare lebih dari 12 jam setelah melakukan pengobatan mandiri.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Sakit Perut pada Anak, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi masalah kesehatan anak-anak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *