Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Salah satu cara cepat hamil adalah dengan memastikan kesuburan Anda dan pasangan, cara dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Terkait makanan berikut ini daftar makanan untuk meningkatkan kesuburan pria, bagi Anda sedang dalam program hamil simak penjelasannya dibawah ini:

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

1. Telur

Telur merupakan makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sel sperma Anda. Kaya akan vitamin E dan Protein memberikan perlindungan kepada sel sperma dari dampak radikal bebas yang dapat menghambat produksi sel sperma dan membuatnya rentan mati. Nutrisi dalam telur membantu produksi sel sperma yang kuat dan memiliki kemampuan gerak yang baik untuk dapat membuati sel telur pasangan Anda.

2. Bayam

Bayam memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk pembentuk sel sperma yang sehat. Sayur bayam dan jenis sayuran berdaun hijau lainnya merupakan sumber vitamin yang baik untuk kesehatan Anda secara umum, termasuk menyuburkan organ reproduksi Anda.

Memenuhi kebutuhan asam folat saat program hamil dapat membantu produksi sel sperma yang sehat, sel sperma yang berkualitas dapat meningkatkan peluang untuk membuahi sel telur. Selain itu, asam folat dapat menghindari hamil bayi cacat karena kerusakan kromosom sel sperma.

3. Pisang

Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria lainnya adalah buah pisang. Kandungan nutrisi vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C dalam buah pisang dapat membantu tubuh Anda memproduksi sel sperma yang berkualitas dan juga meningkatkan kesuburan sel sperma Anda.

Kandungan bromelain dalam buah pisang bekerja sebagai anti peradangan yang dapat meningkatkan produksi sel sperma.

4. Dark Chocolate

Bagi Anda yang merasa bahwa coklat bukan sesuatu yang bersifat maskulin bagi seorang pria, ada baiknya hilangkan anggapan tersebut. Coklat hitam dapat meningkatkan produksi sel sperma, hal ini dikarenakan kandungan asam amino L-Arginine HCL yang diketahui dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

5. Asparagus

Sayuran lainnya yang dapat meningkatkan kesuburan sel sperma adalah Asparagus, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta memiliki dampak positif pada kualitas sel sperma.

Kandungan Vitamin C dalam asparagus dapat melindungi testikel dan sel sperma Anda dari kerusakan karena radikal bebas, kondisi ini baik untuk produksi sel sperma yang sehat.

6. Brokoli

Disamping Asparagus, sayuran hijau yang juga baik untuk kesuburan pria adalah brokoli. Kandungan Asam Folat dalam sayuran ini sangat tinggi, asam folat dibutuhkan oleh pria dan wanita saat program hamil untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Mengutip Trimester123.com, bagi wanita, asam folat dapat membantu mempersiapkan rahim untuk menyambut kehamilan. Sedangkan bagi pria, asam folat dapat meningkatkan produksi sel sperma yang berkualitas dan memiliki kemampuan gerak yang baik, dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen asam folat umumnya 70 persen lebih subur daripada mereka yang tidak.

7. Pomegranate

Buah yang memiliki rasa yang lezat ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sel sperma Anda. Kandungan antioksidan yang dimiliki dalam buah ini dapat menangkal radikal bebas yang terdapat dalam darah Anda.

Lebih jauh, antioksidan dalam buah ini melindungi sel sperma dari kerusakan karena radikal bebas yang Anda dapat polusi lingkungan dan makanan yang tidak sehat.

8. Walnut

Kacang walnut kaya akan asam lemak omega 3yang dapat meningkatkan produksi sel sperma dan menjaga sirkulasi darah ke organ reproduksi Anda tetap lancar. Walnut juga kaya akan Arginine yang dapat meningkatkan volume sel sperma Anda.

Selain itu, kandungan zat antioksidan dalam kacang ini dapat membantu tubuh Anda untuk menyingkirkan racun yang mempengaruhi kesuburan Anda.

9. Bawang Putih

Bawang Putih telah dikenal sejak lama sebagai makanan kesuburan pria, kandungan vitamin B6 dan selenium dalam bawang putih berperan dalam membantu produksi sel sperma berkualitas.

Selain itu, kemampuan bawang putih dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah membuat fungsi organ reproduksi Anda tetap maksimal.

10. Makanan kaya Zinc

Makanan kaya mineral Zinc diantaranya adalah daging merah, kacang-kacangan, barley dan lain sebagainya. Zinc memiliki peran penting dalam pembentuk sperma tubuh Anda, zinc merupakan mineral yang terkonsentrasi pada testis selama produksi sel sperma.

Kekurangan mineral zinc dapat menyebabkan rendahnya produksi dan kualitas sel sperma. Oleh karena itu, penting untuk memnuhi kebutuhan mineral zinc sebanyak 15 mg setiap harinya.

Demikian pembahasan mengenai Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *