Manfaat Tidur Malam

Tidur termasuk dalam kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia. Banyak sekali manfaat tidur malam yang akan kita peroleh, salah satunya adalah untuk beristirahat dan menyiapkan diri agar tetap fit sehingga di hari berikutnya dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan lancar.

Manfaat Tidur Malam Hari bagi kesehatan

Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat tidur malam bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Memori

Hal ini dikarenakan saat tidur akan mempermudah otak untuk mengingat kembali apa yang telah Anda pelajari sehingga memicu meningkatkan daya ingat menjadi lebih baik. Dengan demikian Anda dapat mendapatkan hasil yang baik saat beraktivitas setelah Anda tidur.

2. Membantu Memperbaiki Kualitas hidup

Apabila tidur Anda berkualitas dan cukup maka dapat  meningkatkan kualitas  hidup Anda. Hal ini karena dengan tidur malam yang cukup seseorang lebih fresh di pagi harinya. Dengan demikian Anda akan siap beraktivitas lagi. Lain halnya jika Anda kurang tidur dan sering begadang maka terkadang sulit mencapai target yang telah Anda tentukan.

3. Anda Memiliki Kesempatan Hidup Lebih Lama

Lama usia hidup seseorang telah ditentukan oleh Tuhan yang Maha Esa.  Namun, sebagai hamba – Nya kita hendaklah berusaha menjaga  kesehatan agar kita selalu sehat dan Anda dapat menghabiskan waktu untuk  hal – hal yang lebih bermanfaat.

Dengan tidur yang cukup dapat membantu Anda sehingga Anda tidak mudah terkena berbagai macam penyakit. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat kematian seseorang yang memiliki jam tidur kurang 5 jam lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidurnya berkualitas, yaitu 6 – 8 jam setiap harinya.

4. Mencegah Peradangan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur atau hanya tidur 6 jam permalam akan terkena resiko lebih besar peradangan. Dalam hal ini peradangan berkaitan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, penuaan dini dan lain – lain.

Selain itu, orang yang kurang tidur malam memiliki lebih besar protein inflamasi dalam darah. Alhasil menyebabkan tekanan darah meningkat dan terkena peradangan.

5. Meningkatkan Daya Kreativitas

Saat Anda tidur malam dengan cukup dan berkualitas maka Anda akan terlihat lebih fresh saat bangun di pagi hari sehingga tubuh Anda sudah siap untuk bekerja. Selain dapat mengkonsolidasi dan memperkuat memori,  tidur malam yang cukup menyebabkan otak lebih baik dalam menata dan merestrukturisasi memori Anda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat seseorang tidur maka dapat membantu meningkatkan komponen emosional memori, hal ini sangat bagus untuk memacu daya kreativitas seseorang.

6. Mencegah Stress

Tidur malam yang cukup dapat meningkatkan mood dan mencegah Anda marah. Selain itu, dengan tidur yang nyenyak dapat mencegah stress. Hal ini dikarenakan dengan tidur yang cukup dapat mengurangi tingkat kecemasan Anda sehingga emosional Anda dapat terkontrol dengan baik.

Stress merupakan sumber dari segala penyakit kronis yang mengintai Anda, salah satunya adalah mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Bagi wanita, stress dapat mempengaruhi kualitas sel telur dan bagi pria hal ini berakibat pada menurunnya kualitas sperma. Oleh karena itu, tidur cukup di malam hari dapat dikatakan sebagai salah satu cara  menyuburkan kandungan bagi mereka yang sedang menjalankan program hamil.

7. Menghindari Kecelakaan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur menyumbang banyak kecelakaan yang terjadi di setiap tahunnya.  Oleh karena itu, mengantuk jangan disepelekan karena sangat berbahaya baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.

8. Memiliki Berat Badan yang Normal

Apabila Anda tidur dengan nyenyak di malam hari maka dapat membuat berat badan Anda lebih stabil. Hal ini dikarenakan begadang dapat membuat hormon tertentu meningkat sehingga Anda akan merasa lapar. Padahal makan di malam hari dapat membuat berat badan Anda meningkat.

9. Mencegah Sikap Hiperaktif pada Anak – anak

Kurang tidur merupakan permasalahan yang sangat perlu diperhatikan, terutama pada anak – anak. Jika anak terbiasa kurang tidur di malam hari dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif dan menimbulkan permasalahan lainnya.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Tidur Malam Hari bagi Kesehatan,  semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan cara-cara yang alami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *