Manfaat Selenium

Jika Anda menginginkan sistem kekebalan tubuh yang kuat, ingatan yang tajam dan awet muda ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral Selenium. Selenium merupakan mineral esensial yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, mineral ini bekerja melindungi sistem reproduksi Anda, mengeluarkan racun dari tubuh, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Namun, apa itu selenium? Selenium adalah mineral esensial yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti:

  • Udang
  • Ikan Tuna
  • Ikan Salmon
  • Daging Sapi
  • Daging Ayam
  • Telur Rebus
  • Nasi Coklat
  • Yogurt
  • Susu
  • Lentil
  • Kentang
  • Pisang

Manfaat Selenium untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesuburan

Beragam penelitian menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan Selenium dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Penelitian tersebut juga mengonfirmasi rutin mengonsumsi suplemen selenium dapat meningkatkan pergerakan sperma.

Pun sebaliknya, jika kekurangan mineral selenium dapat dapat menyebabkan kemandulan pada pria dan wanita. Bahkan ibu hamil yang tidak memenuhi kebutuhan mineral selama kehamilan dapat menghambat pertumbuhan janin.

2. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Upaya untuk menghindari penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke adalah dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung Selenium, seperti ikan salmon, ikan tuna dan ayam.

Menurut ahli Kardiologi, mereka yang kekurangan Selenium berisiko tinggi menderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang menyebutkan bahwa Selenium, Vitamin A dan VitamiN E sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal ini tentu sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Meringankan Gejala Asma

Selenium merupakan mineral esensial yang dapat membantu meringankan gejala asma. Selain itu, anak-anak yang terpenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya termasuk Selenium memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita asma.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem perlindungan tubuh dari beragam infeksi penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas, virus dan bakteri. Untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dibutuhkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Mengonsumsi makanan yang sehat salah satunya adalah makanan yang mengandung mineral Selenium, Selenium membantu tubuh Anda mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri serta mengatasi demam dan flu.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat antioksidan dari mineral ini juga mampu mencegah beragam penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker prostat dan kanker usus. Mengutip Manfaat.PRO menyebutkan bahwa mineral selenium berperan aktif dalam memerangi sel kanker dan mencegah perubahan DNA sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Demikian pembahasan mengenai manfaat selenium untuk kesehatan tubuh Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Kekurangan mineral selenium juga menyebabkan rambut kering dan mudah patah. Selenium dapat memberikan asupan nutrisi pada rambut Anda, terutama Anda sering mewarnai dan meluruskan rambut Anda.

Dalam beberapa produk kesehatan untuk mengatasi rambut kering juga memiliki kandungan selenium di dalamnya.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Sifat antioksidan dalam mineral selenium juga dapat melindungi kulit Anda dari paparan radikal bebas dan radiasi sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit Anda.

Memenuhi kebutuhan mineral selenium dalam menu makanan Anda sehari-hari dapat membantu melembabkan kulit Anda dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus di wajah dan kerutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *