Manfaat Pisang

Pisang merupakan buah serbaguna yang dapat diolah menjadi olahan makanan apapun, Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau smoothie, menjadikannya sebagai pelengkap makanan atau topping ataupun langsung dimakan saja.

Buah kuning dengan rasa manis ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, studi menunjukan bahwa mengonsumsi tiga buah pisang setiap hari dapat memenuhi kebutuhkan Kalium harian tubuh Anda.

Dalam artikel ini saya akan mengulas mengenai manfaat pisang bagi kesehatan, simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Pisang bagi Kesehatan

1. Mengatasi GERD

Rutin mengonsumsi pisang dapat mengatasi masalah asam lambung naik pada penderita GERD. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang dapat menetralkan asam lambung dan merawat luka yang disebabkan oleh asam lambung naik.

Selain itu, Kalium dalam pisang juga membantu mengontrol tekanan darah Anda tetap normal.

2. Mencegah Asam Urat

Penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengonsumsi tiga buah pisang setiap hari, hal ini dikarenakan kandungan potassium dan vitamin c dalam buah pisang dapat membantu metabolisme tubuh Anda berjalan lancar.

Metabolisme tubuh yang baik akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, potassium dari pisang dapat menghilangkan rasa nyeri pada persendian karena asam urat.

3. Menurunkan Berat Badan

Pisang sangat cocok bagi mereka yang sedang dalam program diet, mengonsumsi pisang dapat memberikan energi dan menjaga metabolisme tubuh Anda tetap normal.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Alan Hirsch mengungkapkan bahwa pisang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan, sehingga pisang merupakan sangat baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pisang termasuk dalam makanan dengan kadar gula rendah sehingga baik bagi penderita diabetes.

4. Mengatasi Diare

Kandungan serat dan pektik dalam buah pisang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diare. Kedua kandungan tersebut dapat memadatkan tinja, dengan begitu frekuensi buang air besar dapat ditekan. Selain itu, pisang dapat membantu mengembalikan mineral yang hilang setelah diare.

Oleh karena sebab itulah mengapa pisang merupakan makanan padat pertama yang diperkenalkan pada bayi.

5. Menyuburkan Kandungan

Buah pisang juga baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam program hamil. Kombinasi asam folat dan vitamin B6 dalam buah pisang sangat baik untuk mempersiapkan rahim dalam menyambut kehamilan.

Selain itu, pisang juga dapat membantu melancarkan siklus haid wanita sehingga Anda dapat dengan tepat mengetahui kapan masa subur Anda setiap bulannya.

6. Memperbaiki Mood

Satu buah pisang berukuran sedang setidaknya mengandung 27 mg magnesium, mineral ini berperan dalam melepaskan hormon diotak Anda yang berpengaruh pada mood Anda.

Bagi pria setidaknya membutuhkan 420 mg magnesium dan wanita 320 mg magnesium setiap harinya, kekurangan mineral ini berakibat pada masalah mental seperti kecemasan, depresi, sulit tidur dan lainnya.

7. Mencegah Anemia

Pisang memiliki kandungan Zat Besi yang dapat menstimulasi produksi sel darah merah sehingga menghindarkan Anda dari Anemia. Anemia merupakan kondisi dimana Anda kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah sehingga menyebabkan Anda mudah lelah, pucat dan sesak napas.

Selain itu, vitamin C dalam buah pisang membantu memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan jantung, serat dalam buah pisang dipercaya dapat menghindarkan Anda dari masalah kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Potassium dalam buah pisang juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi tetap normal, terutama sehabis mengonsumsi makanan tinggi garam yang merupakan penyebab hipertensi. Hipertensi seperti yang Anda tahu merupakan salah satu penyebab penyakit jantung sehingga lebih baik dihindari.

Demikian pembahasan mengenai manfaat pisang bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *