Nasi Kuning Ulang Tahun

Nasi kuning sepertinya sudah menjadi makanan wajib yang perlu disajikan saat perayaan hari kelahiran. Karena filosofinya yang mendalam, dan penuh doa dan harapan makanan ini hampir tak penah absen. Resep nasi kuning ulang tahun dibawah ini akan membantu anda untuk menyajikan makanan istimewa saat acara itu datang.

Gambar Nasi Kuning Ulang Tahun
Gambar Nasi Kuning Ulang Tahun

Anda yang sedang ingin mencobanya, berikut ini bahan-bahan wajib yang perlu disiapkan :

  • Beras
  • Kelapa/santan
  • Sereh
  • Daun jeruk
  • Garam
  • Kunyit
  • Daun salam
  • Air

Bahan-bahan diatas cukup mudah ditemui bukan?

Memasak nasi kuning ultah memang butuh kesabaran, karena perlu persiapan dan poses yang cukup membutuhkan waktu. mau tahu apa saja itu? ini dia :

  1. Langkah pertama, bersihkan beras dari kulit-kulit arinya jika ada, kemudian cuci bersih dan tiriskan.
  2. Kemudian, siapkan panci berisi air untuk mengaron beras tersebut. anda dapat menambahkan beras ketan agar nasi yang dihasilkan nantinya lebih lembut dan pulen.
  3. Tunggu sampai mendidih, kemudian masukkan. Jangan lupa untuk mengaduknya sesekali agar tak terdapat kerak ataupun gosong di lapisan bawahnya.
  4. Sambil menunggu siapkanlah santan, lalu panaskan aduk agar santan tidak pecah. Gunakan api kecil saja.
  5. Siapkan juga kunyit untuk diparut. Geprek sereh dan beri sedikit sobekan pada daun salam dan daun jeruknya. Anda dapat membakar sereh dan kunyi lebih dahulu sebelum diolah agar wanginya rempah ini lebih keluar.
  6. Masukkan bumbu ini beserta garam ke santan tadi
  7. Campurkan santan yang telah mendidih ke panci berisi beras, aduk merata, kecilkan api dan biarkan meresap. Matikan api kompor
  8. Sembari menunggu santan dan bumbu meresap ke dalam beras, siapkan panci kukus. Panci ini nantinya akan digunakan untuk mengukus kembali beras yang sudah diaron tadi agar matang sempurna. Gunakan api sedang agar matang merata dan hasilnya memuaskan.
  9. Tunggu sampai beras menjadi nasi dan tak keras lagi.

Tak lengkap bukan jika perayaan ulang tahun tidak menghadirkan nasi kuning didalamnya?. Itu dia resep nasi kuning ulang tahun sederhana yang bisa anda coba.

Bagi sebagian masyarakt indonesia, terutama masyarakat jawa, nasi kuning memilki tempat tersendiri di hati. Nasi dengan cita rasa gurih dan berwarna kuning ini kerap di hadirkan di acara perayaan ulang tahun.  Meskipun disandingkan dengan lauk sederhana semacam bakmi, telur dadar, kacang goreng, irisan mentimun dan tempe kering rasanya sudah menggugah selera.

Bagi anda yang ingin nasi kuning ini menjadi bagian dari sajian ulang tahun tapi tak mau repot membuatnya sendiri dan tak punya waktu luang anda bisa memesannya di nasi tumpeng jakarta. Terutama bagi anda yang tinggal di kota jakarta dan sekitarnya dengan yang tingkat mobilitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *