Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Mengkudu

Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Mengkudu

Siklus menstruasi wanita tidak selamanya berjalan lancar. Kondisi fisik dan psikis seorang wanita dapat mempengaruhi siklus menstruasi mereka, yang berujung pada siklus yang tidak lancar.

Selain itu, hal tersebut juga membuat terhambatnya aliran darah haid yang keluar. Hal ini tentu membuat nyeri haid semakin menjadi-jadi dan menganggu aktivitas seseorang.

Namun, Anda tidak perlu bingung saat mengalami hal diatas. Hal tersebut dapat diatas dengan ramuan buah mengkudu.

Manfaat Mengkudu untukk Menstruasi

Buah mengkudu atau sering disebut sebagai Noni merupakan salah satu tanaman yang umum dijumpai di Indonesia dan sering digunakan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk untuk nyeri haid.

Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu dapat membantu melancarkan siklus haid, mengurangi rasa nyeri dan mengatasi sindrom pra-menstruasi yang umumnya membuat wanita menjadi lebih emosional pada saat-saat menjelang menstruasi.

Kandungan senyawa Scolopetin dapat meningkatkan kinerja otak dan menstimulasi produksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut membantu tubuh dalam mengatur suhu tubuh, suasana hati, perilaku seksual dan siklus produksi sel telur.

Selain baik dalam mengatur suasana hati wanita karena perubahan hormon saat haid, kandungan Xeronine dalam mengkudu juga berperan sebagai pereda rasa nyeri haid. Xeronine dapat mengaktifkan protein reseptor yang bertugas untuk mengurangi rasa nyeri dan memberkan rasa nyaman.

Cara Mengolah Ramuan Mengkudu

Untuk melancarkan siklus haid dan meredakan nyeri haid, Anda dapat mengolah mengkudu menjadi jus dengan tambahan daun dewa. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 – 3 buah mengkudu matang
  • Potong kecil seukuran dadu kemudian cuci bersih
  • Haluskan dengan menggunakan Blender bersamaan dengan Daun Dewa.
  • Tambahkan Madu atau Gula Aren untuk menyamarkan rasa getir mengkudu.
  • Minum Pada pagi Hari sebelum sarapan.

Ramuan jus mengkudu diatas bermanfaat untuk mengatasi pembekuan darah yang menyebabkan siklus haid terganggu dan meredakan rasa nyeri haid yang menganggu. Namun, efek yang terasa tergantung pada kondisi tubuh Anda. Bila tubuh Anda terdapat radikal bebas maka ramuan diatas berperan sebagai antioksidan alami untuk mengeluarkan racun-racun ditubuh Anda sebelum mengatasi masalah kewanitaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *